(Kota Solok_ Investigasi) Dalam menyambut bulan suci ramadhan 1440 H telah dilaksanakan rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama. Adapun salah satu yang disepakati dalam rapat koordinasi yakni dikeluarkannya Seruan bersama Nomor: 005/76/Humas_-2019 tanggal 18 April 2019, bahwa dalam memasuki Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019 M, dihimbau kepada masyarakat kota Solok untuk bersama-sama kita melaksanakan ibadah puasa selama Bulan Suci Ramadhan 1440 H dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT.

Selanjutnya mari kita bersihkan niat dan sucikan hati kita serta menjaga silaturahim, persaudaraan, persatuan dan kebersamaaan antar sesama warga Kota Solok, serta menjauhi semua perbuatan maksiat dan perilaku yang dapat merusak Ibadah Puasa Ramadhan.

Mari kita ramikan ruamah ibadah dengan memperbanyak amal, dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan dengan sholat berjamaah, baik sholat fardhu ataupun dengan sholat terawih, witir dan tadarus Al-Qur’an.
Dihimbau juga kepada semua pemilik restoran, rumah makan dan kedai minuman, diminta untuk tidak membuka usahanya pada siang hari selama bulan suci ramadhandan kepada semua pemilik café/restoran music, dilarang melakukan kegiatannya.

Selanjutnya untuk menjaga ketersediaan sembako dan BBM dianjurkan kepada masyarakat untuk masyarakat berbelanja sesuai dengan kebutuhannya. Dan dalam rangka menjaga ketertiban, ketentraman dan keamanan mari kita tingkatkan kewaspadaan diri terhadap tindakan orang-orang/ pelaku yang tidak bertanggug jawab, termasuk terhadap bahaya kebakaran, banjir dan bencana alam lainnya.

Kepada anak-anak generasi muda dilarang membunyikan meriam bamboo, petasan (macron) dan kembang api terutama disekitar rumah ibadah selama bulan suci ramadhan. Sebelum berangkat ke rumah ibadah diminta kepada masyarakat untuk memastikan bahwa rumah sudah terkunvi dengan baik, dan astikan listrik, api kompor dan lain-lainnya dalam keadaan aman.

Dan selanjutnya kepada masyarakat kota Solok diminta untuk mengawasi kedatangan orang/pendatang baru diwilayah tempat tinggalanya, jika ada hal-hal yang mencurikgakan agar segera melaporkan kepda pihak yang berwenang. Dan kepada petugas keamanan diminta untuk mengawasi dan mengawal pelaksanaan himbauan bersama ini.


Disamping itu sebagaimana yang telah dilaksanakan pada bulan ramadhan Sebelumnya, Pada ramadhan tahun ini kunjungan tim ramadhan ke mesjid-Mesjid dikota solok terbagi kepada 12 (dua belas tim). Pelaksanaan kunjungan tim ramadhan Kota Solok bertujuan untuk meningkatkan silaturrahim sekaligus bertatap muka dan berdialog langsung dengan jamaah atau masyarakat di sekitar masjid. Selain itu, dalam rangka penyampaian program-program strategis dari pemerintah daerah sehubungan dengan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Solok. Melalui momentum kunjungan tim ramadhan, pemerintah Kota Solok menghimbau seluruh masyarakat agar terus berperan aktif dalam derap laju pembangunan yang mengarah pada substansi tercapainya cita-cita menjadi kota yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

Selain itu, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini kita tengah bersiap-siap menjadi tuan rumah perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 s/d 22 Juni 2019, yang tentunya menuntut kita lebih bersikap baik dan ramah kepada seluruh tamu kontingen yang datang dari sleuruh Kabupaten/ Kota se- Sumatera Barat. Marilah secara bersama-sama kita bertekad untuk menyukseskan MTQ dimaksud, sukses penyelenggaraan acara dari sejak pembukaan sampai penutupan, dan juga sukses selaku tuan rumah yang baik dengan menjaga keamanan, ketentraman dan kenyamanan bagi seluruh khafilah MTQ.

Untuk progress persiapan akan kami sampaikan pada keterangan pers berikutnya, sambil menunggu laporan masing-masing seksi dari kepanitiaannya yang dihimpun melalui sekretariat. Ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol, Nurzal Gustim,S.STP,M.Si ( Wahyu/ Nisya. Hms) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top