Sawahlunto, Investigasi_ Tim 9 (sembilan) Ramadhan Pemerintah Kota Sawahlunto dihari pertama mendatangi Mesjid Nurul Fallah Durian 1 Kecamatan Barangin Sawahlunto, rabu (8/5).

Dalam lawatan di bulan suci Ramadhan kali ini dipimpin oleh Drs. Dedi Ardona M.Si Asisten Administrasi Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto.

Dia menjelaskan tim yang dipimpinnya terdiri atas  sembilan orang, yang akan mendatangi 3 mesjid selama tiga hari berturut turut mulai  tanggal 8-10 mei 2019. Tujuannya untuk bersilahturahmi dengan warga Kota Sawahlunto dan saling berdiskusi mengenai perkembangan warga terkini.


Dedi mengatakan lanjut kedatangan tim Ramadhan juga mengantarkan bantuan dari pemerintah kota Sawahlunto berupa uang tunai kepada pengurus Mesjid Nurul Fallah sebesar Rp. 9 juta dalam bentuk simbolis berupa amplop dan akan ditransfer ke rekening pengurus mesjid, dan bantuan berupa satu helai sarung untuk dipergunakan oleh warga yang sholat.

" Disini kami juga akan memaparkan mengenai program pemerintah kota yang akan dan telah dilaksanakan. Mengenai program bedah rumah, 193 unit dari dana APBD kota tetapi harus melalui pengajuan dari lurah setempat dan 200 unit dari dana DAK PUPR pusat yang telah didata penerimanya, juga ada bantuan dari ketahanan pangan bibit buah, bibit ternak berupa (kambing, ayam dan itik) dikhususkan bagi keluarga yang kurang mampu.

" Untuk bidang pendidikan ada bantuan sebesar Rp. 1 miliyar untuk anak yang kuliah di  Perguruan Tinggi akreditasi A dan B bila lulus akan dibantu uang semesternya dan uang masuknya, bila telah kuliah kalau IPK diatas 3,1  diberikan dana segar sebesar Rp. 1 juta per masing masing anak.

Ditambahkan Dedi, akan dibangun rumah tahfiz sebanyak 8 rumah di kota Sawahlunto, untuk Kecamatan Barangin dibangun dua rumah tahfiz yaitu di mesjid Babussalam Lubang Panjang dan mesjid Nurul Iman Desa Santur. Dan untuk kartu BPJS berdasarkan program Pemko Sawahlunto sudah 97,2 persen yang memilikinya, jika masih ada yang belum punya silahkan diurus persyaratannya ke kantor Lurah setempat," tutur Ketua Tim Sembilan Ramadhan ini.

Dan sebagai penceramah dari Tim Sembilan Ramadhan Suryanto, S.Sos.I  mengatakan," Ramadhan adalah bulan yang penuh ibadah, dimana aktivitas apapun yang dilakukan akan memberikan pahala bagi orang yang menjalankan ibadah puasa di bulan tersebut," Jelasnya.

Tetapi katanya malaikat Jibril berdoa kepada Allah Swt agar jangan menerima puasa seseorang hamba bila yang pertama seorang anak durhaka yang tidak meminta maap pada orang tuanya ,yang kedua jika ada dari suami istri yang tidak saling memaafkan, dan yang ketiga jangan terima puasa tetangga yg tidak saling maaf memaafkan atau tidak tegur menegur antar warga.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan warga dan aparat pemerintahan setempat.

Lurah Durian 1 Syafril mengemukakan keluh kesah masyarakat mengenai jalan yang terban di daerahnya dan juga mengenai bantuan terhadap rumah 14 yang kena longsor.

Menurut Ketua tim Ramadhan Dedi Ardona, untuk jalan yang rusak itu sudah dimasukan kedalam laporan dan akan menunggu tindak lanjutnya, sedangkan buat rumah 14  sebenarnya pemerintah sudah pernahemberikan bantuan tetapi karena daerah bangunan tidak mendapat izin dari pemerintah disebabkan kondisi tanahnya mudah longsor dan masuk zona merah jadi tidak bisa ada bagunan diatasnya akan membahayakan penghuninya, namun pemko Sawahlunto akan mencarikan solusinya dengan Dinas Perkim agar warga tersebut memperoleh ganti rumah yang baru di daerah lain, melalui bantuan 193 bedah rumah tingkat kota silahkan penuhi persyaratannya dulu sehingga bisa didata  oleh lurah setempat dan dicarikan solusinya," tutupnya menjawab pertanyaan warga yang diwakili oleh Lurah setempat. Yosefin

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top